MERINTIS KEBUN SENGON

Dimulai dari kegelisahan tidak pastinya karir di perusahaan yang sudah 25 tahun sebagai tempat bernaung dan menggantungkan cita-cita. Ditambah anak bungsu yang baru berusia 5 tahun, yang kedepanya sudah pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk keperluan pendidikan dan lain-lainnya.

Masa kecil yang banyak dihabiskan dikampung halaman, dilingkungan pertanian dan perkebunan, ikut menentukan arah pilihan infestasi. Tentunya disamping pertimbangan ketersediaan waktu dan tenaga. Usaha kebun sengon tidak perlu harus ditangani sendiri dan tidak perlu pengawasan terus menerus. Demikian juga keinginan untuk dapat membantu memberikan lapangan kerja pada keluarga dekat dan orang-orang yang telah dikenal sejak masa kanak-kanak, ikut andil dalam pengambilan keputusan.

Tanah kenalan yang berada di sebelah utara kampung halaman dengan kemiringan antara 15 sampai 25 derajat akhirnya berhasil kami sewa. Tidak luas memang, hanya 6860M2, tapi cukup untuk pemula. Sudah ada tanaman sengon sebagian, sebagai indikasi bahwa lahan tersebut memang cocok untuk tanaman sengon. Hanya saja kondisi lahan yang sudah lama tidak diurus, ilalang dan rumput liarnya setinggi orang dewasa. Waktu tahap survey dengan Tulus adik saya, masin terdengar kokok ayam hutan.

Tahap pertama yang kami lakukan adalah penandatanganan kontrak sewa tanah, yang berlaku selama 12 tahun. Dimulai sejak tanggal 10 Februari 2012 sampai dengan 10 Februari 2024.
Berikutnya adalah persiapa lahan. Kondisi tanah saat ini sebagaian ada tanaman sengon, sebagian padang ilalang dan sebagian lagi ditanami singkong dan jagung oleh mBah Ramli,petani penggarap.

Tahap kedua adalah pekerjaan lapangan untuk membuka lahan.
Pembabatan ilalang segera dilakukan oleh Syeh Gito yang badannya berotot seperti binaraga kelas terbang. Ilalang yang dibabat ditutupkan ke tanah untuk membunuh tonggak ilalang yang punya daya hidup luar biasa itu. Selebihnya bila masih ada yang nekat tumbuh akan kami semprot dengan herbisida.

Rencananya kami akan menanam sengon dengan jarak yang agak rapat, baru kemudian hari akan dilakukan penjarangan sesuai teori penanaman sengon pada umumnya.

Kami tidak akan bermaksud untuk menggusur petani penggarap dengan membongkar tanaman palawija yang sudah sebentar lagi panen. Tapi kami akan menanam sengon disela-sela tanaman palawija dan memberi kesempatan untuk panen.

Niat, ilmu, usaha maksimal, dan tawakkal. Ini yang harus dijalankan.

Advertisements

8 Responses to “MERINTIS KEBUN SENGON”

  1. wah gagasan bagus tuh Pak. bolhe tau lahan yang mau digarap di daerah mana? sy jg sudah menanam sengon

    • P Aan Ysh,
      Saya merintis kebun sengon di kampung saya Dukuh Karanggeneng, Kelurahan Sumurrejo, Gunungpati, Kodya Semarang, Jawa Tengah.
      Kalau Bapak di daerah mana?
      Salam

      • Pak Slamet yang saya hormati, Saya mau tanya, kira-kira daerah luar Jawa seperti NTB apakah prospek untuk sengon?

      • Pak Udin, mohon maaf saya lama sekali tidak online.
        Mohon maaf, saya tidak tahu jenis tanah, ketinggian dll di daerah NTB. Sebaiknya cari info di Dinas Perkebunan setempat untuk cocok atau tidaknya bagi tanaman sengon. Daerah yang secara umum cocok untuk sengon belum tentu baik untuk ditanami sengon, misalnya daerah pinggiran sungai lapisan tanahnya dangkal.
        Salam.

  2. RUMAH SAKIT ISLAM SAKINAH MOJOKERTO
    Jalan RA Basuni 12 Sooko
    Kabupaten Mojokerto
    Jawa Timur indonesia
    Phone: (0321) 321922, 326991, 329669. Sms:085648280307
    Fax: (0321) 329670
    Email: rsisakinah@telkom.net

  3. slam pak slamet..sy mau nanya, bagaemanakah langkah2/ cara yang tepat untuk penanaman serta perawatan pohon sengon.tks

    • Pak Aryo Ysh,
      Secara lengkap tentang penenaman dan perawatan sengon bapak bisa ngintip di http://www.budidayasengon.blogspot.com
      Terlepas bapak mau menggunakan produk-produk yang dijual pemilik blog tsb atau tidak. Kalau saya hanya pekebun tradisional, artinya setelah tanam tidak pakai pupuk dan obat2an yg mahal itu,hanya pakai pupuk kandang biasa. Selebihnya perawatan lain seperti pendangiran dll seperti petani sengon yg lain. Tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: